Fakultas Teknologi Pertanian
Universitas Gadjah Mada
Login ID
Password
HOME EVENT Help Desk Registrasi PC Tiket Helpdesk
OpenCafe
Hari kerja buka 07:15-20:30

Syarat dan Ketentuan akses GamaNet

Jaringan Kampus Universitas Gadjah Mada (GamaNet) dibangun terutama dengan tulang punggung kabel serat optik yang menghubungkan semua gedung utama di lingkungan kampus serta beberapa gedung-gedung pendukung yang digunakan untuk mendukung kegiatan universitas. Selain itu, GamaNet menggunakan Tower untuk menjangkau area yang belum terjangkau kabel FO melalui teknologi wireless. Perluasan jarignan sampai ke PC dilakukan dengan kabel Ethernet dan/atau Wireless Access Point.

Untuk menjamin kelancaran akses jaringan, Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi memberlakukan ketentuan pendaftaran semua PC yang akan digunakan untuk akses GamaNet. Pendaftaran ini diperlukan untuk meminimalisir kesalahan blocking apabila ditemui indikasi illegal access. PC yang tidak terdaftar akan diblok untuk menjamin kelancaran akses PC yang terdaftar.

Elemen Data PC

Secara administratif, kita memerlukan informasi tentang lokasi dan kepemilikan pc yang digunakan untuk akses jaringan kampus. Data-data administrasi ini digunakan untuk menentukan berbagai hal seperti penugasan distribusi penugasan staff yang berwajib apabila ada laporan masalah.

Data sistem operasi PC diperlukan untuk penyesuaian berbagai sistem diagnostik dan reparasi yang harus dipersiapkan petugas apabila ada panggilan permasalahan. Kapasitas memory dan hardisk diperlukan untuk mendapatkan saran sistem/aplikasi yang paling tepat untuk komputer yang bersangkutan.

Hardware Address atau sering juga disebut MAC address adalah 48 bit bilangan yang menjadi identias unik dari interface jaringan berteknologi Ethernet. Untuk memudahkan pencatatan, 48 bit biner dinyatakan dengan 12 simbol heksademinal yang ditulis per 2 simbol dipisahkan karakter minus ( - ) atau titik dua ( : ). Dalam spesifikasi interface jaringan, akan terlihat ID seperti 00:17:A4:0E:BC:A2 atau 00-17-A4-0E-BC-A2. Hardware address ini lah yang dapat kita gunakan untuk memfilter PC yang tidak terdaftar. Kami menyadari bahwa blocking akses berbasis MAC address tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah namun kami yakini sudah dapat digunakan untuk membendung sebagian besar akses oleh pihak yang tidak berwenang.

IP Address dapat digunakan sebagai hint lokasi PC. Namun demikian, apabila digunakan di balik firewall unit kerja, address ini tidak terlihat dari pusat. Meskipun demikian, isikan saja IP address dari PC yang anda gunakan saat mengisi form ini. Setidaknya, pihak manajemen dapat mengetahui itu IP publik, lokal UGM, atau private dibalik firewall unit kerja.

Pada formulir disediakan 2 tempat apabila pada PC yang saudara gunakan terdapat lebih dari 1 network Interface (mayoritas note book ada 2 interface: Kabel ethernet dan Wireless). Apabila terdapat lebih dari 2 interface, isikan 2 yang paling sering digunakan.

Masukkan informasi selengkap-lengkapnya tentang PC yang anda gunakan pada kolom deskripsi. Semakin lengkap informasi diberikan, semakin mudah/cepat petugas GamaNet untuk menyelesaikan masalah yang ditemui. Saah satu deskripsi yang sangat bermanfaat adalah merek dan model yang dapat memberi hint jenis komponen yang harus dibeli apabila ada kerusakan hardware. Apabila ada keraguan tentang isian kepemilikan, instansi, dll, jelaskan permasalahan informasinya di sini.

Darimana bisa dilihat Physical dan IP Address itu?

Data penting yang mungkin tidak selalu bisa diketahui langsung oleh pengguna PC adalah MAC atau Physical dan IP Address. Data ini dapat kita peroleh dengan mengirimkan perintah shell melalui console/terminal di Linux atau Command/DOS prompt di Windows.

Apabila anda menggunakan Linux Ubuntu, buka aplikasi shell melalui menu Application->Accessories->Terminal. Ketikkan perintah

/sbin/ifconfig
dan gunakan scrollbar untuk menemukan baris semacam berikut ini
eth1      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:0e:35:fb:05:f8
Itu lah tempatnya hardware address. Bisa lebih dari satu dengan ID eth0, eth1, dst.

Apabila anda menggunakan Windows, jalankan perintah cmd pada kolom menu run. Dari DOS Prompt, kirimkan perintah:

ipconfig /all
yang juga akan menampilkaninformasi serupa itu. Cari baris yang berbunyi:
Physical Address ...........: 00-17-A4-0E-BC-A2

Isikan ke kolom Physical Address pada form pendaftaran PC.

Untuk mendapatkan Physical/MAC Address dari interface WIFI smartphone bersistem operasi Symbian, coba ketikkan *#62209526# seperti kita menelpon.

Penutup

Untuk menjaga kualitas layanan GamaNet diperlukan kerjasama yang erat antara pengelola dan pengguna. Dengan bekerjasama, pengelola tidak perlu memberlakukan aturan dengan ketetatan maksimal yang sering memberi kesulitan pada para user. Dengan registrasi, administrator dapat mengimplementasikan network monitoring untuk mempercepat proses pencari apa bila ada masalah. Dalam sistem monitoring tersebut juga dilengkapi dengan access log yang dapat membantu pihak penyidik apabila ditemui indikasi adanya akses yang menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku (ITE, KIP, Pornografi, dsb.).

Meskipun lebih dianjurkan mendaftar on-line langsung dengan PC yang bersangkutan, unit-unit kerja dapat mendaftarkan PC di lingkungan masing-masng secara kolektif seandainya telah didapat data-data lengkap sesuai dengan kolom-kolom yang diperlukan.


Acara Fakultas Teknologi Pertanian hari ini, Rabu 22/05/2024
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
Lokasi: Fakultas Teknologi Pertanian
Media diskusi dan penyebaran informasi seputar Fakultas Teknologi Pertanian - Universitas Gadjah Mada.
09:00-15:00 upacara: Wisuda Sarjana Periode 3
Lokasi: R.Audit
13:00-15:00 : Responsi Wirakeusahaan
Lokasi: Ruang Sidang 384
konfirmasi
13:00-15:00 : Responsi Wirakeusahaan
Lokasi: Ruang kuliah 383
konfirmasi
Copyright (c) 2008 Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi UGM